Follow My Instagram

Jumat, April 24, 2009

CARA MUDAH MENCARI DERAJAT HADITS

Terkadang kita menjumpai sebuah hadits yang masyhur dan sudah tersebar di kalangan masyarakat umum, namun kita ragu-ragu akan derajat hadits tersebut. Sementara kapasitas keilmuan kita tidak mampu untuk melakukan hal itu. Lalu bagaimana solusinya?
Alhamdulillah, sekarang kita bisa mengetahui derajat sebuah hadits dengan mudah tanpa harus bersusah payah membuka-buka lembaran kitab-kitab hadits.

Kunjungi situs:
http://arabic.islamicweb.com/books/albani.asp

Sebuah situs yang sangat bermanfaat sekali, berisi tentang layanan pencarian kedudukan hadits yang ditakhrij dan dijelaskan kedudukan haditsnya oleh seorang ahli hadits terkenal abad ini Syaikh Muhammad Nashirudin al-Albani rahimahullah.

Anda tinggal menuliskan sepenggal kata/kalimat dari sebuah hadits yang akan Anda cari derajatnya pada kolom yang telah disediakan. Anda akan mendapatkan penjelasan hadits tersebut apakah shahih, hasan, ataupun dha'if/maudhu' beserta sumber kitabnya.

Seorang da'i ataupun penuntut ilmu syar'i pasti akan sangat membutuhkan layanan ini, karena seorang Muslim tidaklah pantas untuk menisbatkan suatu ucapan atau perbuatan kepada Rasulullah shallallaahu'alaihi wasallam kecuali setelah yakin akan kebenaran berita tersebut dengan cara mengetahui kedudukan hadits tersebut.

Rasulullah shallallaahu'alaihi wasallam telah memperingatkan kita akan ancaman bagi orang yang berani menisbatkan suatu ucapan kepada beliau, namun beliau sendiri tidak pernah mengucapkannya:

مَنْ تََقَوَّلَ عَلَيَّ مَا لَمْ أَقُلْ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ

"Barangsiapa yang mengatakan atas (nama)ku apa-apa (perkataan) yang tidak pernah aku ucapkan, maka hendaklah ia mengambil tempat duduknya di neraka"
(HR. Ibnu Majah, hadits hasan shahih dalam Shahih Ibnu Majah oleh Syaikh Al-Albani)
Alhamdulillah ... alladzii bini'matihi tatimmush shaalihaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar