Follow My Instagram

Selasa, Mei 10, 2011

Bagaimana Membuat Desain Cover Buku yang Menarik

Menurut laporan jurnal The Wall Street, seorang pembeli yang sedang mencari buku di sebuah toko buku, biasanya menghabiskan waktu 8 detik ketika melihat cover depan buku dan selama 15 detik membaca cover belakangnya. Anda dapat mengatakan, tetapi Anda dapat menjual sebuah buku hanya dengan bagian cover. Berikut ini beberapa teknik-teknik mendesain sebuah cover buku yang jitu, yang biasanya teknik ini telah dipakai oleh para professional.



Unsur-unsur terpenting cover depan
Bagian ini menampilkan judul buku, subjudul, dan nama penulis. Bagian ini merupakan kesempatan emas yang sering diabaikan. Sebaiknya, pada cover depan dimasukkan pernyataan atau pujian singkat dari orang penting mengenai buku ini.

Bayangkan, cover buku yang sedang Anda buat diibaratkan sebuah billboard. Sebuah desain yang bagus dapat mengkomunikasikan pesan isi buku hanya dengan sekali pandang, namun tetap dengan desain yang simpel dan rapi/bagus, unik, berbeda, berani serta dengan pemilihan warna-warna graphic yang menarik. Akan tetapi, style graphic tetap konsisten dengan isi dan personality isi buku. Pastikan ada point central dan penting dalam pembuatan desain buku yang Anda buat.

Direkomendasikan/disarankan menggunakan font yang dibold, huruf yang kontras pada bagian depan. Ketika memilih warna, pertimbangkan bagaimana warna-warna tersebut akan tetap terlihat ketika dirubah ke dalam warna hitam dan putih. Dengan demikian, cover yang dibuat akan dihasilkan kembali dengan baik pada iklan yang berwarna hitam dan putih, katalog, dan pamflet. Juga, pastikan jenis font yang digunakan sebagai judul utama dapat dibaca dengan jelas dari jarak yang jauh dan juga menggunakan jenis font yang sesuai dengan tema buku.



Cover yang menakutkan pembaca amatir dan terlalu nyaman dipandang, berakibat sulit untuk menjual buku itu. Jika kamu kurang berbakat pada bidang ini, carilah hasil desain cover seseorang yang sudah berpengalaman. Seorang desainer profesional mempunyai kreativitas, skill, software, memiliki akses stok foto, dan mengetahui pemahaman tentang dunia percetakan. Jika anda belajar banyak dari seorang desainer profesional ini, kelak menjadikan hasil cover buku yang dibuat akan tampak menonjol (eyecatching) di rak-rak buku.

Apakah yang seharusnya dimasukkan pada bagian spine (bagian vertikal belakang buku)

• Antara lain:
• Nama penulis,
• Judul buku,
• Logo penerbit dicantumkan dengan jelas.

Pastikan informasi pada spine jelas, tidak terlalu detail, mudah dibaca. Direkomendasikan gunakan font yang dibold dan huruf-huruf yang kontras akan lebih bagus.

Bagian-bagian penting yang seharusnya dimasukkan pada bagian cover belakang

• Tempatkan judul kategori buku pada bagian pojok kiri atas, hal ini untuk memudahkan dan mempercepat buku tersebut dikategorikan ketika diletakkan di rak-rak buku.
• Tulislah dengan jelas sebuah headline yang berisi siapa saja yang seharusnya membeli buku ini.
• Seharusnya juga dicantumkan penjelasan singkat mengenai isi buku.
• Kemudian masukkkan pula dalam bentuk bullet singkat tentang manfaat bagi pembaca jika membaca buku ini.
Pada cover belakang buku direkomendasikan beberapa unsur berikut ini:
• Hanya memasukkan tidak lebih dari tiga testimoni dan dukungan publik,
• Juga biografi dan photograph.
• Pada bagian bawah sales-closer copy print.
• Tempatkan informasi harga buku di pojok bawah kiri cover belakang.
• 13 digit ISBN untuk catalog
• Bar code di bagian bawah kanan pojok (di bawah nomor ISBN), gunanya pada bagian penjualan melakukan scan untuk mendapatkan informasi dan harga buku.
Jangan lupa memasukkan pengakuan terhadap pembuat cover buku ini, photograper dan designer.



Apa yang dilakukan pada bagian kulit dalam (jika ada)

Biasanya tercantum:
• Sales copy
• Teaser singkat mengenai deskripsi buku
• Biodata dan foto.

Mulai sekarang, anda telah memiliki sebuah ide baru tentang apa yang membuat sebuah kekuatan desain cover buku. Ingat, desain cover buku adalah bentuk sebuah desain pengepakan, dan desain pengepakan yang baik akan menarik seseorang untuk membeli. Karena itulah, mengapa sebuah organisasi yang sukses berani menghabiskan dana jutaan dolar untuk melakukan penelitian dan pengembangan mengenai kemungkinan desain pengepakan sebuah produk yang terbaik.

Sumber:
http://www.macgraphics.net/book-cover-design-tips.php

Penulis: Karen Saunders
Penerjemah:
Ahmad Noviadi, S.Ag
http://www.facebook.com/profile.php?id=100001870179396

1 komentar:

  1. Hallo sobat semua, website yang bagus, saya suka membacanya artikelnya nambah ilmu baru .  oh iya aku  ingin share informasi dan artikel  tentang dunia desain grafis, tips cover buku, desain brosur dan lain-lain.

    BalasHapus