Follow My Instagram

Senin, April 13, 2009

Sekilas Tentang PESANTREN ISLAM AL-IRSYAD

Pesantren Islam Al-Irsyad adalah salah satu wadah pendidikan Islam yang menggabungkan ilmu-ilmu keislaman dengan ilmu-ilmu umum dalam rangka mencetak generasi Islam yang kokoh dan berkualitas serta tanggap terhadap perubahan zaman. Kondisi perubahan zaman yang begitu cepat dan cenderung mengarah pada perkara yang negatif dari sisi akhlak dan aspek diniyyah (keagamaan) secara umum, membawa konsekuensi bagi umat Islam untuk dapat melahirkan generasi robbani yang mampu membimbing dan mengajak masyarakat untuk lebih mengenal Allah, Nabi-Nya, serta keindahan agama Islam yang lurus. Dengan memohon taufik dari Allah, Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran berupaya mengemban tugas yang agung ini dengan menyelenggarakan program-program pendidikan sebagai wujud nyata dalam upaya memberikan sumbangan yang berharga untuk Islam dan kaum muslimin. Posisi Pesantren yang secara geografis terletak di lereng Gunung Merbabu yang berudara sejuk dan dingin, tentunya diharapkan juga dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar yang optimal.

VISI PESANTREN

Diakui sebagai salah satu pondok pesantren Islam terbaik di
wilayah Nusantara maupun Mancanegara yang bermanhaj Salaful Ummah (Ahlus Sunnah Wal Jama’ah).

WADAH PENDIDIKAN (PROGRAM STUDI)

Pesantren Islam Al-Irsyad memiliki beberapa wadah pendidikan yang secara integral (saling terkait dan berjalan bersama-sama) berupaya untuk menunjang terwujudnya Visi Pesantren.

Wadah pendidikan yang ada di Pesantren Islam Al-Irsyad adalah:

1. SDITQ (Sekolah Dasar Islam Tahfizhul Qur’an)/Setingkat SD Lokasi Tersendiri
Program unggulan: Tahfizhul Qur’an, Bahasa Arab Dasar. Kurikulum: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Olah Raga, Tauhid, Hadits, Fiqih, Bahasa Arab, Tahfizh Al-Qur’an, Do’a dan Dzikir sehari-hari, Komputer. Lulusan jenjang ini memiliki Ijazah Nasional (SD) dan Pesantren.

2. MTW (Mutawasithoh)/Setingkat SMP
Program unggulan: Bahasa Arab. Kurikulum: Tauhid, Tafsir Al-Qur’an, Tahfidz & Tajwid, Al-Qur’an Hadits Nabi , Fiqh, Shiroh Nabi, Tadrib Lughawi, Khot & Imla’, Nahwu, Shorof, Ta’bir & Insya’, Muthola’ah, Tadribat ‘Alal Anmath, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Geografi, Fisika, Ekonomi, Olah Raga, Sejarah Nasional, Komputer. Lulusan jenjang ini memiliki Ijazah Nasional (MTs) dan Pesantren.

3. IM (I’dad Muallimin)/Setingkat SMA
Program unggulan: Ilmu Syari’at Islam. Jenjang ini adalah program lanjutan dari MTW dan I’dad Lughawi Pesantren Islam Al-Irsyad. Kurikulum: Tauhid, Tafsir Al-Qur’an, Tahfidz Al-Qur’an, Hadits Nabi, Akhlaq, Fiqh, Faroidh, Ushul Fiqh, Mustholahul Hadits, Ulumul Qur’an, Nahwu & Shorof, Balaghoh, Muthola’ah, Adab & Nushus, Ta’bir, Siroh Nabi, Tarikh Islam, Thuruqut Tadris, Tatbiqu At-Tadrish, Fiqhu Ad-Dakwah, Praktek Dakwah, Olah Raga, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Sejarah Dunia, Komputer. Lulusan jenjang ini memiliki Ijazah Nasional (MA) dan Pesantren terakreditasi dari Universitas Islam Madinah Kerajaan Saudi Arabia.

4. IL (I’dad Lughowi)
Program unggulan: Bahasa Arab Intensif. Jenjang ini adalah program pendidikan selama satu tahun sebagai persiapan masuk jenjang IM. Kurikulum: Tauhid, Tafsir Al-Qur’an, Tahfidz dan Tajwid Al-Qur’an, Hadits Nabi, Fiqh, Tadrib Lughowi, Tadribat ‘Alal Anmath, Khot & Imla’, Ta’bir & Insya’, Nahwu, Shorof, Shiroh Nabi. Lulusan jenjang ini memiliki Ijazah Pesantren.

JADWAL HARIAN (untuk MTW, IL & IM)
04.00 – 05.45 :
- Sholat Shubuh Berjama'ah,
- Qiro'atul Qur'an / Muraja'ah di Masjid
- Bimbingan Percakapan Bahasa Arab dan Inggris setiap hari Jum’at pagi
05.45 – 07.00 :
- Sarapan dan persiapan masuk kelas 07.00 – 15.30:
- Belajar Intrakurikuler (8 jam pelajaran; 6 hari / minggu), sholat Dhuhur berjama’ah di Masjid
- Makan siang dan istirahat
- Sholat Ashar berjama’ah di Masjid
15.30 – 20.00:
- Belajar Ekstrakurikuler (2 jam pelajaran; 6 hari / minggu), (Beladiri Tifan, tahfidz, olah raga, komputer, tadabbur alam, pengetahuan umum, keorganisasian)
- Sholat Maghrib dan Isya’ berjama’ah di Masjid, Muhadharah / Muraja’ah Qur’an,
- Makan malam, Bimbingan dan pengarahan oleh Jam’iyyah Thalabah (OSIS)
20.00 – 22.00:
- Belajar kokurikuler
22.00 – 04.00:
- Istirahat dan tidur malam

Adapun Jadwal Harian untuk SDITQ disesuaikan dengan Program Tahfizhul Qur’an.

STAF DAN TENAGA PENGAJAR
Saat ini staf dan tenaga pengajar Pesantren Islam Al-Irsyad terdiri dari 2 orang mufad Saudi (tenaga pengajar dari Kerajaan Saudi Arabia untuk membantu kegiatan belajar mengajar); alumni Timur Tengah baik dari Madinah, Mesir, Sudan; alumni LIPIA Jakarta; alumni ma’had tahfidz; alumni Pesantren Islam Al-Irsyad; alumni PT dalam negeri seperti UNDIP, UGM, IKIP, UNNES, UMS dan lain-lain.

KELANJUTAN STUDI
Setelah mendapatkan akreditasi (mu’adalah) dari Universitas Islam Madinah KSA, lulusan Pesantren Islam Al-Irsyad mempunyai peluang besar untuk melanjutkan di sana. Semenjak berdiri hingga sekarang lulusan Pesantren Islam Al-Irsyad banyak diterima di Universitas, Madinah, Mesir, Sudan, LIPIA serta berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Lulusan Pesantren Islam Al-Irsyad juga dapat langsung berperan untuk berdakwah di tengah-tengah masyarakat dengan bekal ilmu yang telah diperoleh.

FASILITAS PESANTREN
Untuk menunjang tercapainya kualitas pendidikan yang optimal, Pesantren Islam Al-Irsyad menyediakan beberapa fasilitas di antaranya: kampus terpadu dua lantai, asrama representatif tiga lantai, laboratorium komputer, perpustakaan, laundry, lapangan olah raga (Sepak bola, futsal, basket, bulu tangkis, volly, dll), pelayanan kesehatan, koperasi dan kantin, sumber air artesis, komunikasi orang tua atau wali santri via musyrif kamar langsung, mini market (dalam proses penyelesaian), wartel, dan lain-lain.

CATATAN PRESTASI
1. Sejak tahun 1992-2008 sebanyak 50 alumnus lebih telah diterima di Universitas Islam Madinah Saudi Arabia
2. Juara 1 lomba Hifdzul Qur’an kategori 15 juz tingkat Nasional dan juara 3 di tingkat ASEAN Tahun 2008
3. Juara 2 lomba hifdzul hadits kategori 500 hadits tingkat Nasional dan juara 2 di tingkat ASEAN tahun 2008
4. Juara 1 lomba Qiroatul Kutub tingkat Nasional tahun 2008 5. Juara 1 lomba Hifdzul Qur’an kategori 10 juz tingkat Nasional tahun 2007
6. Juara 1 lomba Hifdzul Hadits kategori 500 hadits tingkat Nasional tahun 2007
7. Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Tingkat Kabupaten Semarang untuk Mapel Agama Jenjang Ibtida’iyyah tahun 2007
8. Juara 1 lomba tafsir Al-Qur’an berbahasa Arab tingkat Nasional dan mewakili Indonesia di tingkat Internasional tahun 2005
9. Juara 2 lomba tafsir Al-Qur’an berbahasa Inggris tingkat Nasional tahun 1996

ALAMAT
Jl. Raya Solo - Semarang Km 45 Ds. Butuh Kec. tengaran Kab. Semarang Telp (0298) 321658 Faks 312456 PO. BOX 134 Salatiga 50700 Indonesia Http://www.alirsyadtengaran.org
Email: alirsyad@alirsyadtengaran.org

Contact Person :
081325214593 Simpati
085865752799 Mentari
081902864269 Xl

3 komentar:

  1. website alisryadtengaran kok ga bisa conect? padahal mau lihat pengumuman penerimaan santri gelombang i

    BalasHapus
  2. Mungkin situsnya sedang dibenahi.
    Kalau Anda sudah mendaftar, silahkan tanyakan kepada panitia pendaftaran via telpon atau sms ke contact person seperti yang tertera di atas.
    Pengumuman gel.I hari Jum'at tanggal 15 Mei 2009.
    Ketika bertanya jangan lupa menyebutkan No. Pendaftaran dan Nama Calon Santri serta jenjang pendidikan yang sudah didaftar.

    BalasHapus
  3. situs ini sdh bagus. sy kurang pengetahuan, tlng jelaskan apa tadribat alal anmath itu?
    trims banyak.

    BalasHapus