Follow My Instagram

Sabtu, Mei 02, 2009

Kurmanya aja berkhasiat ... apalagi sarinya ...

Bagi Anda yang menggemari jenis makanan dari Arab pasti tidak asing lagi dengan barang yang satu ini. Bentuknya lonjong, coklat, berkerut-kerut permukaannya akan tetapi rasanya manis... Ya .., itulah kurma ... Buah yang sangat ajaib kalau kita mau memikirkannya.
Alhamdulillah sekarang ini telah banyak kita dapati berbagai macam jenis kurma di tanah air ini, terlebih lagi ketika bulan Ramadhan tiba. Banyak pedagang yang menjual kurma dengan berbagai macam jenisnya. Dari yang harganya murah hingga yang mahal seperti kurma Ajwa atau lebih dikenal dengan kurma Madinah.
Tahukah Anda, bahwasanya sekarang ini ternyata kurma tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk buahnya, namun juga dalam bentuk juz atau sarinya. Tentu saja ini akan memudahkan dan mempercepat lambung untuk menyerapnya ke dalam tubuh. Bahkan ada yang kreatif dengan menjadikannya sebagai isi biskuit ataupun permen coklat yang disukai oleh anak-anak.
Berikut ini ada beberapa hal yang menarik tentang keajaiban kurma, selain fungsinya sebagai makanan, ternyata bisa berfungsi sebagai suplemen atau bahkan obat yang berkhasiat nyata.

Buah kurma atau jusnya dapat digunakan sebagai ramuan pengobatan.

1. Untuk obat pembengkakan anggota badan: Kurma segar, biji kurma, dupa kering, dan lilin dicampur. Kemudian dibalurkan di tempat bengkak dan ditutup perban selama empat hari.
2. Untuk pembengkakan dan sakit gigi: Natron merah dicampur dengan jus kurma fermentasi. Kemudian dibalurkan di tempat sakit dan ditutup perban.
3. Untuk obat batuk bagi anak-anak: Kurma kering dihancurkan, lalu dicampurkan dengan segelas susu, hingga mengendap. Kemudian diminum.
4. Untuk obat cacing: Biji kurma, bubur kacang polong, dan bir manis dicampur. Kemudian direbus, disaring, dan diminum. Hasilnya akan langsung terasa.
5. Untuk obat penyakit jantung: Kurma segar, madu, dan bir manis dicampur. Lalu diletakkan di anus selama empat hari.
6. Untuk obat bersin: Jus kurma dimasukkan ke hidung.
7. Untuk mempercepat tumbuh rambut: Tulang anjing, biji kurma, dan kaki keledai direbus bersama minyak atau lemak. Kemudian digunakan sebagai salep.





Keajaiban Kurma

BAGI umat Islam, berbuka puasa dengan kurma bukanlah sekadar tradisi. Di masa kenabian Muhammad shallallaahu 'alaihi wasallam, para sahabat dan masyarakat gemar memakan buah korma.

Buah kurma yang rasanya manis seperti gula itu, memang mengandung daya bakar kalori yang cukup tinggi. Nilai gizi utama yang diandalkan memang kandungan gulanya yang tinggi. Kebanyakan varietas kurma mengandung gula glukosa (jenis gula yang ada dalam darah) atau fruktosa (jenis gula yang terdapat dalam sebagian besar buah-buahan) yang mudah diserap tubuh dan diubah menjadi energi.

Fruktosa dan glukosa ini merupakan energi siap pakai (instant) bagi tubuh. Artinya, dalam beberapa menit setelah makan kurma, tubuh akan segera memperoleh energi dari fruktosa dan glukosa yang dikandungnya.

Lebih dari itu, ternyata kurma mengandung zat gizi yang nyaris lengkap dengan komposisi yang seimbang, meskipun dalam jumlah relatif sedikit. Kurma juga mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi lambung, karena seharian tidak memperoleh makan dan minum. Vitamin dan mineral ini juga penting untuk meningkatkan efisiensi pencernaan dan penggunaan (metabolisme) makanan yang masuk ke dalam lambung.

Kurma tidak mengandung kolesterol, tapi mengandung lemak. Namun demikian, kandungan lemaknya sedikit dan sebagian besar adalah lemak baik (lemak tidak jenuh) yang bermanfaat bagi kesehatan. Lemak yang dikandungnya bermanfaat bagi penyerapan vitamin A, D, E dan K.

Selain menyuplai energi, kurma juga kaya kandungan zat gizi penting bagi fungsi tubuh seperti kalium, magnesium, dan serat makanan yang berguna dalam menyehatkan jantung serta pembuluh darah. Mineral-mineral ini berfungsi membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot, serta membantu mengatur tekanan darah.

Selain bermanfaat memulihkan kelelahan otot, kandungan kalium dalam kurma membantu "mendorong" air mengisi jaringan sel. Namun, ada khasiat yang lebih istimewa, kurma mampu menurunkan risiko serangan stroke berkat tingginya kalium yang dikandungnya.

Beberapa penelitian membuktikan, makanan tinggi kalium bisa berperan membuat jantung dapat berdenyut teratur, mengaktifkan kontraksi otot, mengendalikan keseimbangan air dalam jaringan dan sel serta membantu mengatur tekanan darah.

Makanan tinggi kalium, menurut pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University AS, Dr. Louis Tobian, Jr., bisa membantu menurunkan tekanan darah serta bisa memberi kekuatan tambahan dalam mencegah stroke secara langsung, bagaimanapun kondisi tekanan darah seseorang.

Kurma juga mengandung potasium yang tinggi. Potasium bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbon dioksida dalam darah. Kurma juga mengandung salisilat. Zat ini, dikenal sebagai bahan baku aspirin, obat pengurang atau penghilang rasa sakit dan demam.

Unsur lain yang juga tidak boleh dilupakan dari kurma adalah fosfor -- mineral terbanyak kedua dalam tubuh setelah kalsium -- yang merupakan unsur pokok asam nukleat dan membran sel. Unsur itu juga menjadi faktor esensial pada seluruh reaksi pembentukan energi dalam sel, serta sebagai komponen berbentuk kristal dari tulang rangka.

Selain itu, buah kurma mengandung cukup banyak serat. Semakin dikeringkan nilai seratnya bisa semakin tinggi, karena terbentuk resistant starch. Mengingat manfaat kesehatan kandungan gizinya, maka kurma yang "ajaib" ini disarankan untuk dikonsumsi sepanjang tahun, bukan hanya saat puasa Ramadan saja.

Keajaiban Buah Kurma (The Miracle of Dates)
Oleh : Dito Anurogo, S. Ked.

Keajaiban buah Kurma Dari Anas radhiyallaahu 'anhu, beliau berkata, "Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam berbuka puasa sebelum shalat dengan memakan kurma segar, kalau tidak ada maka dengan kurma kering, dan kalau tidak ada beliau meminum beberapa teguk air." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)


Inilah RUTHAB (kurma yang masih segar)

Nama bahasa Latin buah kurma adalah Phonex dactylifera. Tumbuh di negara-negara Arab. Ada jenis kurma Mekah dan kurma Madinah. Buah kurma rasa manis, warna merah tua cenderung coklat. Saat masih mentah - muda, kurma berwarna hijau atau merah menyala. Termasuk rumpun buah-buahan Arecaceae atau Palmae.

Buah kurma mengandung kalium (potassium), serat, kalsium, zat besi (Fe), vitamin: A, B2, dan B12, C, aspirin, salisilat, fosfor, sulfur, natrium (sodium), magnesium, cobalt, seng, fluorin, tembaga (Cu), mangaan, selulosa, dan karbohidrat (berupa glukosa dan fruktosa).

Berbagai manfaatnya:

1) Konsumsi glukosa akan menghentikan proses pembentukan glukosa di hati sehingga katabolisme asam amino akan berhenti, lalu akan memelihara protein tubuh. Hal itu akan membuka peluang terbentuknya sel-sel baru yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
2) Fruktosa, selulosa, dan serat baik untuk pencernaan, mengatasi
konstipasi (sembelit / susah buang air besar).
3) Vitamin pada kurma baik untuk kesehatan mata, neurotonic (penguat saraf), mencegah sariawan, sebagai antioksidan, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
4) Fosfor berperan penting sebagai nutrisi otak, sehingga bila dikonsumsi teratur, dalam jangka panjang berefek mencerdaskan. 5) Mineral pada kurma memberi efek mengendurkan ketegangan neuron, sehingga tubuh lebih tenang dan bersemangat kembali.
6) Kalium (potassium) signifikan untuk mengatasi kelelahan. Juga
membuat organ jantung bekerja lebih optimal, mengaktifkan kontraksi otot, dan berperan dalam pengaturan tekanan darah.
7) Tekstur kurma yang halus; aman bagi lambung yang sensitif dan penderita radang usus.
8) Zat besi (Fe) pada kurma baik bagi penderita anemia.
9) Kurma kering mengandung aspirin (acetylsalicylic acid) alami yang dapat mengurangi rasa sakit (analgesic).
10) Salisilat pada kurma dapat memengaruhi prostaglandin yang akhirnya dapat menurunkan tekanan darah. Sehingga kurma aman dan baik dikonsumsi penderita hipertensi.
11) Zat besi dan kalsium dalam kurma juga penting untuk mengatasi kekurangan produksi ASI pada ibu menyusui.
12) Kurma berperan penting dalam pertumbuhan anak, pembentukan darah dan sumsum tulang, serta menjaga keelastisan dinding arteri (potassium metabolism).

Kesimpulan dan saran:

1) Mengonsumsi satu butir kurma dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang, karena terkandung zat anti lapar (glukosa dan fruktosa) pada kurma, sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kurma saat berbuka puasa.
2) Mengonsumsi lima butir kurma setiap hari secara teratur dapat
mengurangi risiko terkena stroke akut dan serangan jantung.

Referensi:
1. Cempaka Minggu Ini, edisi 26/XVIII/28 Sep – 4 Okt 2006, halaman 26.
2. Abdul Basith Muhammad Sayyid, Silsilat Ath-Thibbi Al-Badil: Al-Lathaif minal Quran was Sunnah.
3. Bogousslavsky, Julien (ed), Acute Stroke Management, 2003, Martin Dunitz, USA.


Sumber :

http://alami-herbal.blogspot.com/
http://eddysyahrizal.blogspot.com/2008/09/banyak-keajaiban-buah-kurma.html
http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=3&jd=Keajaiban+Buah+Kurma+(The+Miracle+of+Dates)&dn=20071028095026

DAPATKAN SARI KURMA AJIB DI TOKO HERBAL TERDEKAT ANDA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar