Follow My Instagram

Sabtu, Mei 02, 2009

Tambah Cantik Dengan Ornamen Bunga dan Daun

Untuk mempercantik sebuah desain yang telah dibuat, terkadang dibutuhkan ornamen gambar vektor yang bersifat natural seperti daun, bunga atau tumbuh-tumbuhan. Namun, alangkah baiknya apabila ornamen yang digunakan tadi masih dalam bentuk vektor (bukan bitmap), sehingga bisa diedit sesuai keinginan. Baik dari segi bentuknya ataupun warnanya, sesuai dengan background desain tersebut.
Bagaimana cara mendapatkan ornamen tersebut?

Sampel desain yang dihiasi dengan ornamen natural (bunga, daun dan tumbuh-tumbuhan). GO GREEN, SAVE OUR EARTH !!





Anda bisa mendapatkan ornamen-ornamen tersebut dengan berbagai cara, diantaranya:

Cara 1:
Apabila Anda ingin membuatnya sendiri (kreasi sendiri), caranya dengan melukis di atas sebuah kertas lalu discan dengan scanner sehingga menjadi sebuah file bitmap (JPEG, BMP atau TIF), lalu Anda rubah (trace) menjadi format vektor. Bisa dengan program Adobe FREEHAND, Corel DRAW atau Adobe ILLUSTRATOR.
Cara 2:
Bisa juga file bitmap hasil scanner tadi Anda buat ulang dengan PEN TOOL di program Adobe FREEHAND, Corel DRAW atau Adobe ILLUSTRATOR. Cara ini membutuhkan ketekunan dan ketelitian, tidak banyak orang yang 'betah' melakukannya.
Cara 3:
Download dari internet. Cara ini yang paling GAMPANG dan MURAH, karena telah banyak desainer dunia yang telah men-share file hasil kreasinya (mengijinkan untuk didownload). Walaupun ada juga yang harus bayar.

Berikut ini beberapa trik untuk 'berburu' mencari file ornamen daun, bunga atau tumbuh-tumbuhan di internet :

Ketik kata floral vector atau free floral vector pada menu SEARCH di situs berikut ini:

http://images.google.com/
http://www.deviantart.com
http://www.flickr.com/
http://vector4free.com
http://www.vecteezy.com

Khusus pada situs deviantart.com, downloadlah file-file ornamen dari menu DOWNLOAD, agar mendapatkan file yang aslinya (vektor). Bukan dengan klik kanan trus SAVE IMAGE AS ... karena cara demikian ini hanya akan menghasilkan file berbentuk bitmap.

Bersyukurlah ... apabila Anda bisa mendapatkan file-file yang berbentuk EPS, AI atau CDR, karena ornamennya akan bisa Anda edit dengan program Adobe FREEHAND, Corel DRAW atau Adobe ILLUSTRATOR. Seandainya hanya file bitmap (JPEG, BMP atau TIF) yang Anda dapatkan, maka Anda pun tetap harus bersyukur (karena Anda tidak perlu capek-capek untuk membikinnya, iya kan?), hanya saja Anda harus merubahnya ke bentuk vektor agar bisa diedit (lihat Cara 1 dan Cara 2 di atas).

SEMOGA BERMANFAAT

1 komentar:

  1. than's bro memang lagi butuh gambar bunga untuk desain undagan meridku nich,,,, ada ngga yang sudah ada sama sampean bisa kirim ke emailku nda?

    Salam
    Sabar
    sabar.ano@gmail.com
    Sulawesi tengah

    BalasHapus